Friday, June 17, 2016

Sejarah Desa Gadding

Desa Gadding merupakan desa yang terletak di Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep. Desa Gadding bisa dikatakan desa yang sangat terpencil dibandingkan dengan desa-desa lain yang ada di Kecamatan Manding. Nama Desa Gadding diambil dari nama bunga (Kembheng Ghedding) yang sangat harum dan wangi. Konon katanya pada jaman dahulu kala di bukit/ gunung Gaddhing ada sebuah pohon besar yang bunganya mengeluarkan harum dan mewangi, yang mana bunga tersebut apabila dijadikan satu antara bunga kembheng Ghedding ben kembhengmalate epasettong dhaddi Du’reemek yang  sampai saat ini masih sering dipakai pada acara perkawinan. Namun, kayu tersebut sekarang sudah tidak ada lagi karena dimakan jaman.
Di Desa ini terdapat 7 Dusun, antara lain: Dusun Kalompang, Dusun Buadan, Dusun Jenggere Timur, Dusun Jenggere  Barat, Dusun Barunah, Dusun Somangkaan dan Dusun Teramok. Desa Gadding memiliki luas administrasi 1296.455 Ha,dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
a.    Sebelah Utara          : Desa Batu Putih Laok
b.   Sebelah Timur         : Desa Aeng Merra
c.    Sebelah Selatan       : Desa Lanjuk
d.   Sebelah Barat          : Desa Giring dan Desa Larangan Barma
Sejarah kepemimpinan Desa Gadding adalah sebagai berikut:
-          Kepala desa I,  Zainuddin (Tahun …-1944)
-          Kepala desa II, Mahmudiyah (Tahun 1944-1975)
-          Kepala desa III, Sya’rani (Tahun 1975-2007)
-          Kepala desa IV, Suyono (Tahun 2007-2013)
-          Kepala desa V, Busyairi, SP (Tahun 2013-….)

Pola pembangunan lahan di Desa Gadding lebih didominasi oleh kegiatan pertanian yaitu (padi, jagung, kedelai, singkong, tembakau). Secara umum kondisi fisik desa Gadding memiliki kesamaan dengan desa-desa lain di wilayah kecamatan Manding yaitu perbukitan. Desa Gadding terbagi dalam 2 fungsi penggunaan yaitu tanah pekarangan atau pemukiman serta lahan persawahan



0 comments:

Post a Comment