Saturday, August 6, 2016

Inventaris Tanaman Obat

     Tanaman obat merupakan jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan ataupun mencegah berbagai macam penyakit. Keberadaan Puskesmas di Desa Gadding sangatlah jauh yang ada hanya Poskesdes. Untuk memanfaatkan tanaman obat yang ada di lingkungan sekitar Desa Gadding, maka dibuatlah inventaris tanaman obat. 
        Inventaris tanaman obat merupakan kegiatan menanam tanaman obat yang ada di Desa Gadding pada satu lahan dan memberikan plat nama di setiap tanaman obat yang ada agar Masyarakat mudah mengenali jenis tanaman obat serta khasiatnya. Dengan adanya inventaris tanaman obat ini, masyarakat dapat mengetahui dan memanfaatkan tanaman apa saja yang dapat dijadikan sebagai obat. Selain biaya yang murah, cara mendapatkannya pun juga mudah.
        Inventaris tanaman obat dimulai dari tanggal 16-24 Juli 2016 di Dusun Kalompang. Kegiatan ini dimulai dengan mencari tanaman obat yang ada disekitar Dusun Kalompang, kemudian dikumpulkan menjadi satu di Posko. 
Pencarian Tanaman Obat disekitar desa
       Setelah semua terkumpul, tanaman tersebut ditanam dalam Pot dan Polybag kemudian diberi nama. Tanaman obat ini diletakkan didepan halaman rumah Kepala Desa Gadding.
Pembuatan penyangga untuk tanaman obat
Ini dia inventaris tanaman obat desa Gadding :)
        Untuk memberikan penjelasan yang lebih detail tentang tanaman obat yang ada, kami juga membuat buku inventaris tanaman obat yang berisi gambar, nama, khasiat dan cara pengolahannya. Sehingga dengan adanya buku tersebut Masyarakat dapat mengidentifikasi secara jelas mengenai tanaman obat yang ada.

0 comments:

Post a Comment