Saturday, August 6, 2016

Pelatihan Pembuatan Batik Jumputan

        Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Batik juga merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Maka dari itu kami memberikan pelatihan membatik bagi siswa untuk mengenalkan peran dan nilai batik bagi Indonesia khususnya Madura. Selain itu pelatihan ini bertujuan untuk melatih kreativitas siswa,  menumbuhkan rasa untuk melestarikan budaya yang ada sebaik mungkin dan menumbuhkan kecintaan terhadap budaya bangsa Indonesia.
        Kelompok kami memberikan pelatihan membuat  “Batik Jumputan” untuk siswa SD/MI yang ada di desa Gadding. Waktu pelaksanaannya yaitu pada tanggal 25 Juli 2016 di SD Gadding 1, 28 Juli 2016 di MI Bustanul Fawaid dan di SDN Gadding 2 pada tanggal 30 Juli 2016. 
Pemberian materi tentang batik jumputan kepada siswa

        Pelatihan ini dilaksanakan hanya pada 1 kelas. Dimulai dari pemberian materi tentang batik jumputan dan cara pembuatannya. Setelah itu, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang dan kelompok tersebut membuat motif sesuai kreativitas mereka sendiri.
Praktek pembuatan batik jumputan

        Pelatihan pembuatan batik jumputan ini berjalan dengan lancar dan antusisme para siswa sangat tinggi. Para siswa dapat membuat motif yang beragam untuk batik jumputan. Guru dari salah satu SD di desa Gadding pun sangat antusias dan mengikuti pelatihan pembuatan batik jumputan ini.
Hasil kreativitas batik jumputan para siswa :)

0 comments:

Post a Comment