Tuesday, August 9, 2016

Pelatihan Pembuatan Boneka Horta

        Boneka Horta (Hortikultura) merupakan suatu media tanam yang terbuat dari stocking, serbuk kayu atau sekam yang kemudian dibentuk sesuai keinginan dan diberikan bibit tanaman yang apabila disiram setiap hari tanaman tersebut akan tumbuh. Di kecamatan manding, terutama di desa Gadding sektor unggulan di dominasi oleh pertanian dimana padi merupakan komoditi yang paling unggul di sektor pertanian tersebut.
Boneka horta bentuk "Angry Bird"
           Sekam atau kulit padi biasanya dibuang. Namun, ada juga yang dijual dengan harga Rp. 5000/sak. Dengan dibuatnya Boneka  Horta, sekam atau serbuk kayu yang awalnya tidak termanfaatkan secara efisien dapat menjadi sesuatu yang mempunyai nilai tambah dan nilai jual yang sangat tinggi.
       Tujuan diadakannya pelatihan pembuatan boneka horta ini yaitu untuk mengasah kreativitas siswa dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan mewujudkan rasa peduli terhadap Tanaman (menanam dan merawat tanaman). 
Pemberian materi tentang boneka horta
Praktek pembuatan boneka horta

       Sasaran dalam pelatihan pembuatan boneka horta ini yaitu siswa SMP/MTs di Desa Gadding yaitu LPI Bustanul Fawaid yang dilaksanakan pada tanggal  22 Juli 2016 di Aula dan Mathali’ul Anwar Ats-Tsani pada tanggal 28 Juli 2016 di Musholla. Para siswa sangat antusias dalam pelatihan pembuatan boneka horta ini.
Para siswa sangat antusias mengikuti pelatihan boneka horta
Foto bersama para siswa, cekrekkk !!! :D

0 comments:

Post a Comment