Saturday, August 6, 2016

Pelatihan Ruminansia Pakan Ternak

       Pada tanggal 28 Juli 2016, telah dilaksanakan Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Ruminansia Jerami Padi dengan pemateri Bapak Dr. Abd. Rahman S.Ag.,M.HI (Dosen Ekonomi Syariah Universitas Trunojoyo Madura). Kegiatan ini dilaksanakan dirumah Kepala Desa Gadding, dengan peserta seluruh Ketua Kelompok Tani yang ada di desa Gadding.
       Mengingat sektor unggulan yang ada di  Desa Gadding adalah pertanian dan komoditi yang unggul di sektor pertanian adalah padi, maka kami memanfaatkan jerami padi yang terbuang percuma menjadi pakan ternak yang bernutrisi tinggi dengan cara di fermentasi. Kegiatan ini dinamakan Ruminansia Pakan Ternak. Bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan ini antara lain EM4, dedak, jerami, gula dan garam.
Sosialisasi Ruminansia Pakan Ternak
      Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk memanfaatkan jerami padi yang terbuang secara efisien sehingga menjadi suatu produk yang memiliki nilai tambah serta manfaat yang besar. Selain itu masyarakat juga tidakperlu kesusahan untuk mencari pakan ternak.
Praktek Pembuatan Ruminansia Pakan Ternak
      Praktik pembuatan pakan ternak ini berjalan dengan sangat lancar dan langsung disaksikan oleh peserta di lokasi kegiatan. Antusiasme peserta dalam kegiatan ini sangat tinggi terbukti dengan adanya permintaan agar diadakan kegiatan serupa kembali.
Foto bersama Pemateri (Bapak Abd. Rahman), DPL (Pak Dony Burhan) dan Ketua Kelompok Tani

0 comments:

Post a Comment